Ayo Mampir Ke Desa Wisata Bleberan Gunungkidul

Ayo Mampir Ke Desa Wisata Bleberan Gunungkidul Ayo Mampir Ke Desa Wisata Bleberan Gunungkidul

Ayo Mampir Ke Desa Wisata Bleberan Gunungkidul – Dunia pariwisata di Indonesia tak ada habisnya untuk dibicarakan. Salah satu negara kepulauan terbesar di dunia ini menyimpan begitu banyak potensi wisata alam dan budaya yang belum dikenal banyak orang. Salah satunya yakni desa wisata Bleberan yang terletak di Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah spesial Yogyakarta.

Desa wisata Bleberan mempunyai wisata unggulan Air Terjun Sri Gethuk, merupakan sumber mata air yang mengalir ke Sungai Oya melalui tebing cukup tinggi. Sebelum hingga ke lokasi, wisatawan sanggup juga mengunjungi Goa Rancang Kecana, di sebelah Timur Air Terjun Sri Gethuk. Puas naik bahtera pengunjung akan diantar ke Dusun Menggoran dimana teladas setinggi lebih kurang 50 meter itu berada. Tak perlu takut berair alasannya yakni aktivitas yang paling menyenangkan yakni bermain air.

Keindahan Desa Wisata Bleberan

 

Ayo Mampir Ke Desa Wisata Bleberan Gunungkidul Ayo Mampir Ke Desa Wisata Bleberan Gunungkidul

Air Terjun Sri Gethuk mulai dipromosikan sebagai salah satu wisata alternatif Gunungkidul selain pantai pada tahun 2010. Sejak dikala itu, pesona daerah ini semakin melejit di kalangan wisatawan. Sri Gethuk memang mempesona. Air terjun ini terletak di tepi Kali Oya, sehingga wisatawan yang ingin mengunjunginya harus naik bahtera tradisional yang disediakan pengelola. Perjalanan menyusuri Sungai Oya sendiri sudah sangat menarik. Sepintas pemandangannya menyerupai di Green Canyon Jawa Barat, dimana sungai yang mengalir jernih diapit oleh tebing-tebing karst yang tinggi. Sesampainya di kaki teladas wisatawan akan disambut dengan tumpukan batuan alami nan indah.

Puas berfoto-foto di air terjun, sekarang siapkan nyali Anda untuk menjelajahi Gua Rancang Kencono. Gua berumur ratusan tahun ini mempunyai tiga ruangan besar, yaitu ruangan pertama sebagai aula, ruangan semedi yang mana dulu sebagai daerah bertapa para laskar Mataram menyerupai Kyai Kromowongso, Kyai Sorengpati dan Kyai Putut Linggobowo, serta ruang terakhir yang menuju teladas Sri Gethuk.

Ayo Mampir Ke Desa Wisata Bleberan Gunungkidul Ayo Mampir Ke Desa Wisata Bleberan Gunungkidul

Selain dua objek wisata tersebur, pengunjung juga sanggup menikmati budaya yang ditawarkan Desa Bleberan, menyerupai upacara kenduri rasulan, upacara kenduri nyadranan, dan sebagainya. Untuk kuliner, di lokasi parkiran terdapat area pemancingan ikan yang siap untuk digoreng sebelum dimakan. Selain itu, ada pula kuliner khas Gunung Kidul, menyerupai sego pletik sambel walang dan gudeg daun singkong. Makara ketika berkunjung ke Gunungkidul jangan lupa mampir ke Desa Wisata Bleberan ini.