Dana Desa Untuk Desa Hargomulyo Telah Cair

Dana Desa ialah Dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara yang dipe Dana Desa Untuk Desa Hargomulyo telah CairDana Desa ialah Dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara yang diperuntukkan bagi Desa yang ditransfer melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten/Kota dan dipakai untuk membiayai penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, training kemasyarakatan, dan pemberdayaan masyarakat.

Dana desa di bagi menjadi dua bagian, dana desa untuk pembangunan fisik dan dana desa yang di gunakan untuk pemberdayaan masarakat. Dana desa yang di gunakan untuk pembangunan fisik di hargomulyo di alokasikan untuk pembangunan pembangunan yang menjadi tanggungan pemerintah desa. lantaran pembangunan fisik di lingkup kelurahan ada beberapa pembangunan fisik yang menjadi tanggungan pemerintah tempat maupun pemerintah provinsi. menyerupai pembangunan jalan, ada pembangunan yang di tangani pemrintah tempat dan pemerintah provinsi secara langsung.

Dana desa yang di gunakan untuk pemberdayaan masarakat memang harus di gunkan untuk pemberdayaan masarakat. di hargomulyo ada pemberdayan masarakat´┐Ż kerajinan dan olahan makanan. kerajinan yang telah di jalani ialah kerajinan bambu berupa nampan, kursi, tambir dan lain sebagainaya sedangkan untuk olahan masakan ialah berupa olahan makan yang berbahan dasar pisang. menyerupai criping pisang, krupuk kulit pisang, tepung pisang dan lain sebagainya.

Pengawasan Dana Desa dilakukan oleh masyarakat melalui BPD (Badan Permusyawaratan Desa) dan pemerintah di atasnya, yaitu pemerintah kabupaten/kota. masyarakat tidak perlu khawatir dengan potensi penyimpangan dana triliunan rupiah ini lantaran setiap tahun akan dilakukan pengawasan sistem. Pemerintah, akan melaksanakan pengawasan dalam penetapan anggaran, penilaian anggaran dan pertanggung balasan anggaran. Selain itu, ada juga audit dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk menyidik semua penyelenggara anggaran itu setiap simpulan tahu