Menyusur Sejarah Gua Braholo Di Gunungkidul

Menyusur Sejarah Gua Braholo Di Gunungkidul Menyusur Sejarah Gua Braholo Di Gunungkidul

Menyusur Sejarah Gua Braholo Di Gunungkidul – Gua Braholo merupakan salah satu gua yang terdapat di Kabupaten Gunungkidul tepatnya di kecamatan Karangmojo, Gunungkidul, Yogyakarta. Di Gua Braholo ditemukan 10 kerangka fosil insan purba dalam kondisi relatif utuh. Eksvakasi Gua Braholo setidaknya pernah dilakuakn dua kali, yaitu oleh Tim Pusat Penelitian Arkeologi Nasional dan Tim Fakultas Ilmu Budaya Jurusan Arkeologi Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.

Hamparan panorama indah terlukis dengan terperinci di sekitar Gua Braholo. Keaslian dan keasrian wilayah sekitar Gua mengakibatkan obyek wisata Gua Braholo bukan saja sanggup di nikmati dari segi sejarahnya semata, tapi juga dari segi alamnya yang masih alami.

Menyusur Sejarah Gua Braholo Di Gunungkidul Menyusur Sejarah Gua Braholo Di Gunungkidul

Gua Braholo sering di jadikan tempat Caving (Susur Gua) oleh banyak sekali kelompok Pecinta Alam. Keindahan Gua yang menarik para Pecinta Alam yakni fenomena bawah permukaan Gua yang menyimpan kekayaan berupa Stalaktit, Stalakmit dan fatwa sungai bawah tanah. Kekayaan ini sanggup di kembangkan sebagai salah satu potensi wisata minat khusus.

Wisata Susur Gua ( Caving ) Gua Braholo menjadi ajuan yang sangatmenarik dari Gua yang di kategorikan sebagai Gua Vertikal ini. Gua Braholo mempunyai 3 buah pitch, pitch yang pertama mempunyai kedalaman + 35 meter, yang kedua 6 meter, dan mempunyai tantangan banyaknya watu besar ( boulder ). Pitch yang ketiga harus melewati tantangan berupa sebuah turunan dengan kedalaman + 2 meter, dengan kemiringan 25 derajat. Sehingga total pitch ketiga sekitar + 5 meter.