Penggunaan Kartu Ternak Di Gedangsari

 di Kabupaten Gunungkidul akan dilaksanakan ujicoba penerapan kartu ternak pada ternak sap Penggunaan Kartu Ternak Di GedangsariPada tahun 2015, di Kabupaten Gunungkidul akan dilaksanakan ujicoba penerapan kartu ternak pada ternak sapi dan kerbau. Hal ini sesuai dengan Keputusan Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan .tentang Pedoman Pelaksanaan Penerapan Kartu Ternak Sapi dan Kerbau Tahun 2015. Kabupaten Gunungkidul salah satu tempat yang di gunakan untuk lokasi uji coba penerapan kartu ternak sapi. Di dalam Kartu Ternak akan tercantum nomor registrasi, nama pemilik, alamat dan ciri-ciri khusus ternak. Tujuan dari penerapan kartu ternak ialah memperoleh data ternak sapi dan kerbau yang akurat, mengetahui jumlah rumah tangga peternak, menertibkan manajemen kepemilikan ternak dan meningkatkan pengawasan mutasi ternak.

Manfaat dari kartu ternak ialah sebagai bukti sah kepemilikan ternak, sebagai dokumen penting untuk mutasi ternak, memudahkan pelayanan kesehatan hewan, vaksinasi pelayanan reproduksi. Fungsi kartu ini sebagaimana seorang pemegang KTP. sanggup di ambil kesimpulan bahwa setiap melaksanakan transaksi sapi yang di miliki peternak´┐Ż maka harus lapor pada petugasa atau bapak kepala dusun. dengan kartu ternak ini pemerintah akan sanggup mengetahu jumlah sapi yang ada di setiap tingkat dusun , desa, kabupaten, provinsi maupun secara nasional.

Di padusunan jetis, Desa Hargonulyo, kecamat Gedangsari jadwal ini sudah di mulai. Bapk kepala dusun dusun jetis sudah memulai pendataan kartu ternak sapi. Bagi warga yang mempunyai sapi maka sapi yang di milikinya akan di data satu persatu dan akan mendapat kartu ternak sesuai jumalah masing masing ternak yang di milikinya. pada jadwal ini di gedangsari hanya ternak sapi saja yang di berikan kartu ternak untuk ternak´┐Ż yang lainya tidak di berikan kartu terna.