Sentra Kerajinan Kerikil Akik Di Desa Sawahan Ponjong Gunungkidul

Sentra Kerajinan Batu Akik Di Desa Sawahan Ponjong Gunungkidul Sentra Kerajinan Batu Akik Di Desa Sawahan Ponjong Gunungkidul

Sentra Kerajinan Batu Akik Di Desa Sawahan Ponjong Gunungkidul – Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, Daerah spesial Yogyakarta, akan menimbulkan Desa Sawahan, Kecamatan Ponjong, sebagai pusat kerajinan kerikil akik.

Kerajinan kerikil akik di sekitar Desa Sawahan sudah berlangsung puluhan tahun, dan dalam beberapa bulan terakhir mulai bertambah banyak seiring meningkatnya harga jual kerikil akik. Hal ini memerlukan adanya pertolongan untuk menjaga eksistensi kerikil akik.

Batu Akik di Sawahan Ponjong Bernilai Ekonomis

Wilayah Ponjong sanggup dengan gampang mendapat material kerikil yang sanggup dipoles menjadi batu akik dengan nilai hemat yang tinggi. Oleh alasannya yaitu itu pemerintah setempat berharap perekonomian masyarakat lebih maju, seiring meningkatnya undangan kerikil akik.

Harga jual akik dari wilayah Ponjong bervariasi tergantung motif yang ada di kerikil akik tersebut. Penjualan kerikil akik produksi Ponjong mencapai wilayah Jawa Timur.