Sompil, Kuliner Unik Khas Gunungkidul Yang Pedasnya Bikin Nagih

Sompil, Kuliner Unik Khas Gunungkidul Yang Pedasnya Bikin Nagih – Daerah Gunungkidul selama ini dikenal dengan potensi wisata alamnya yang indah. Selain itu, Kabupaten yang sebagian besar daerahnya berupa perbukitan karst tersebut juga mempunyai bermacam-macam masakan yang unik.

Di Kecamatan Patuk, tepatnya di Dusun Ngasemayu, Desa Salam, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul terdapat sebuah masakan yang hampir ditelan zaman berjulukan Sompil. Adalah Supadmijah, wanita berusia 56 tahun yang setiap harinya berjualan Sompil.

 Kuliner Unik Khas Gunungkidul Yang Pedasnya Bikin Nagih  Sompil, Kuliner Unik Khas Gunungkidul Yang Pedasnya Bikin Nagih

Perempuan yang bersahabat disapa Bu Padmi tersebut setiap harinya berjualan Sompil di rumahnya yang berada di tepi jalan raya Jogja-Wonosari. Tidak mirip kebanyakan warung makan, Bu Padmi hanya memakai rumah pribadinya tanpa diubah ibarat warung untuk menyambut pelanggannya.

Lezatnya Sompil Dengan Sayur Tempe Super Pedas

Sompil yaitu masakan semacam lontong yang disajikan bersama sayur tempe berkuah santan dengan rasa yang pedas. Cara menciptakan sompil berbeda dengan lontong kebanyakan. Selongsong sompil dari daun pisang yang berbentuk mengerucut.

 Kuliner Unik Khas Gunungkidul Yang Pedasnya Bikin Nagih  Sompil, Kuliner Unik Khas Gunungkidul Yang Pedasnya Bikin Nagih

Karena bentuknya tersebut, panganan ini dinamakan sompil. Masyarakat jawa mengenal sompil yaitu semacam keong yang mempunyai cangkang mengerucut. Mungkin alasannya hal tersebut kuliner ini dinamakan sompil.

Meski terlihat sederhana, tetapi Sompil mempunyai rasa yang lezat. Ciri khas sompil yaitu teksturnya yang sangat lembut berbeda dengan kebanyakan lontong lainya. Lembutnya sompil semakin nikmat disantap bersama gurih pedasnya sayur tempe.