Tempe Munggur Alternatif Makanan Sehat Di Gunungkidul

Tempe Munggur Alternatif Makanan Sehat Di Gunungkidul Tempe Munggur Alternatif Makanan Sehat Di Gunungkidul

Tempe Munggur Alternatif Makanan Sehat Di Gunungkidul – Munggur gampang ditemukan di Gunungkidul sebab flora ini ditanam di pinggir jalan sebagai perindang jalan. Buahnya yang belum termanfaatkan hanya dibiarkan tergeletak di jalan dan terlindas ban motor ataupun mobil. Berdasarkan penelitian Ummu (2007) Biji munggur sanggup dijadikan sebagai sumber kuliner baru, khususnya dijadikan menjadi tempe. Akan tetapi potensi ini belum sanggup dikembangkan oleh masyarakat luas.

Seiring berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, di pasaran ketika ini banyak beredar kuliner yang mengandung materi suplemen pangan yang berbahaya bagi kesehatan insan jikalau dikonsumsi secara terus-menerus. Trend ketika ini masyarakat ingin kembali kepada makanan-makanan tradisional yang pembuatannya tidak memakai materi suplemen pangan yang berbahaya. Oleh akhirnya dengan adanya banyak sekali penemuan pengolahan kuliner tradisional sanggup meningkatkan kebutuhan kuliner masyarakat.

Cara Membuat Tempe MunggurPembuatan tempe munggurCucilah tampah, ayakan, kipas dan cukil yang akan digunakan, lalu dikeringkan.Bersihkan Biji munggur dari bahan-bahan lain yang tercampur, lalu basuh hingga bersih.Rebus biji munggur memakai bejana selama 1 jam (apabila air dalam bejana berkurang lakukan penambahan air)Lepaskan kulit biji munggur, lalu basuh atau bilas dengan memakai air bersih.Kukus atau rebus biji munggur tersebut hingga terasa empuk.Setelah biji munggur terasa empuk, letakkan biji-biji tersebut pada tampah yang telah dibersihkan, lalu dinginkan sambil diaduk-aduk hingga biji-biji tersebut terasa hangat.Taburkan ragi tempe yang telah disiapkan bertahap sambil diaduk-aduk supaya merata. ( 1,5 gr ragi tempe untuk 1 kg biji munggur)Siapkan daun pisang atau daun jati untuk pembungkus.Masukan biji munggur yang telah diberi ragi ke dalam pembungkusnya, atur ketebalannya sesuai dengan selera.Inkubasikan biji munggur ini pada suhu kamar selama satu atau dua hari atau hingga seluruh permukaan biji munggur tertutupi jamur.

Tempe munggur ini sanggup dijadikan alternatif kuliner sehat yang tidak kalah dengan tempe- tempe lainnya.