Usaha Ternak Ayam Potong Menjadi Pilihan Sebagian Warga Gedangsari

Usaha ayam potong atau sering disebut dengan ayam potong sudah dikenal umum di seluruh tanah air. Permintaan protein hewani yang semakin meningkat dari hari ke hari terkadang menciptakan harga produk peternakan ini semakin mahal sebab tidak diimbangi dengan produksi yang cukup.

Ternak ayam potong juga sangat menarik sebab jikalau berhasil akan mempunyai laba yang sangat besar bagi perternak. Umur ayam ini juga cukuplah pendek hanya sekitar dua puluh delapan sampe tiga puluh hari saja sudah di panen . sehabis panen sanggup di ganti dengan bibit yang baru. Hal itulah yang menjadikan sebagian warga gedangsari menentukan usahanya. telah banyak berdiri sangkar ayam potong di gedangsari rata rata dengan kapasitas tiga ribu ekor ayam.

Usaha ayam potong atau sering disebut dengan ayam potong sudah dikenal umum di seluruh tan Usaha Ternak Ayam potong Menjadi Pilihan Sebagian Warga Gedangsari

Secara umum perjuangan budidaya ini mempunyai 2 sistem:

Usaha mandiri artinya seluruh komponen budidaya ternak ayam potong ditanggung oleh peternak. Dengan kata lain, anda secara langsung bertanggung jawab mulai dari proses pembuatan kandang, penyediaan bibit, makanan, obat-obatan, perawatan, panen sampai pemasaran. Keuntungan budidaya ayam potong secara sanggup berdiri diatas kaki sendiri ini ialah si peternak memperoleh laba penuh sesuai dengan harga pasar. Kelemahannya ialah si peternak menanggung semua resiko perjuangan secara penuh; menyerupai penangan penyakit sampai rumitnya memasarkan ayam potong. Karena kelemahan inilah maka hadir perusahaan kemitraan ayam broiler.

Usaha kemitraan ayam potong ialah melakukan perjuangan budidaya secara pundak membahau antara perusahaan sebagai Inti dengan peternak sebagai plasma. Pada sistem perjuangan ini peternak hanya berkewajipan menyediakan sangkar dengan skala yang telah ditetapkan oleh perusahaan inti dan merawat ayam sampai masa panen tiba. Kelebihan perjuangan kemitraan ayam potong ialah peternak hanya butuh modal membangun kandang, dan mendapat pendampingan dalam perawatan serta penanganan kesehatan ayam broiler dari perusahaan inti, dan mendapat jaminan pemasaran . Kelemhannya ialah peternak tidak leluasa menentukan harga jual, dimana harga jual yang berlaku bukanlah harga pasaran melainkan harga kontrak yang telah ditetapkan bersama antara perusahaan dengan plasma.

Namun perjuangan ayam potong ini juga mempunyai efek yang negatif bagi masarakat jikalau tidak di perhatikan secara serius oleh para perternak. yang menjadi persoalan utama dalam lingkungan ialah lalat. setiap sangkar ayam niscaya akan banyak lalat dan akan menyebar kerumah warga bagi sangkar yang berdekatan dengan warga apalagi ketika panen dan pengerukan kotoranya, lalat akan berterbangan kemana mana.